Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah dalam RIP Pendidikan Madrasah 2010-2030


Sahabat-MI, perjalanan madrasah kini tengah sampai pada zaman dimana globalisasi sudah tak bisa dibendung lagi. Hal ini menjadikan kebutuhan dalam penguasaan teknologi informasi menjadi begitu mendesak. Kadang kita melihat anak-anak lebih terampil dalam mengoperasikan kecanggihan teknologi daripada kita, bahkan jauh lebih terampil.

Kenyataan inilah yang menjadi salah satu alasan bagi seluruh warga madrasah untuk terus berbenah. Setiap lembaga harus memiliki visi TIK yang jelas diikuti dengan program kerja yang konkret agar para warga madrasah tetap mampu berkontribusi aktif dalam pengembangan umat. Terlebih lagi bagi para anak didik, para lulusan nanti diharapkan mampu berkompetisi di dunia yang terus berkembang. Nah, dalam merumuskan visi, misi, dan tujuannya, lembaga pendidikan perlu mengacu pada visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan Ditjen Pendidikan Islam.

Visi dan misi yang dimaksud tidak lain adalah yang tercantum di buku Rencana Induk Pengembangan (RIP) Pendidikan Madrasah 2010-2030 yang disusun oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Departemen Agama tahun 2009. Dengan mengacu pada standar perencanaan (termasuk di dalamnya visi misi) yang telah ditetapkan Departemen/Kementerian Agama, diharapkan terjadi kesamaan pandangan dalam mengupayakan perkembangan madrasah dari tahun ke tahun. Adapaun visi, misi, dan tujuan madrasah sebagaimana tercantum di buku tersebut, yakni :

Visi
“MADRASAH YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF”
Unggul sebagai indikator visi yang dimaksud adalah :
a. Madrasah mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, pandai, serta mampu mengakomodasi perubahan zaman.
b. Madrasah dapat memberikan kualitas layanan pendidikan prima dan lebih merata pada pelbagai jenjang, tingkatan satuan pendidikan serta wilayah.
c. Madrasah mampu melampaui ketentuan standar nasional pendidikan dengan nilai pus yang dimilikinya.
d. Madrasah mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelbagai tugas pokok dan pengembangan kelembagaan.
e. Madrasah mampu mewujudkan dirinya sebagai lembaga penndidikan yang terjangkau, mudah diakses, relatif murah dan merupakan pusat layanan pendidikan yang terbuka bagi semua lapisan masyarakat.
Sedangkan kompetitif sebagai indikator visi yang dimaksud adalah :
a. Madrasah sebagai lembaga pendidikan mampu menjadi pilihan utama keluarga dalam masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan.
b. Madrasah sebagai lembaga pedidikan mampu menjadi “leading” sektor dalam pendidikan ke-Islam-an.
c. Produk madrasah mampu masuk pada lembaga pendidikan lain yang berkualitas selain lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Agama.
d. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang kompetitif tetap dikelola berlandaskan nilai-nilai amanah dan kejuuran.

Misi
Visi di atas kemudian diterjemahkan menjadi misi pengembangan pendidikan madrasah yakni:
a. Meningkatkan kualitas sistem pendidikan madrasah sebagai pranata sistem pendidikan nasional melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan berciri Islam di pelbagai jenjang dan satuan pendidikan madrasah.
b. Mengupayakan terwujudnya madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis ilmu dan nilai-nilai agama yang berkeunggulan, berkualitas, dan berdaya saing.
c. Memberdayakan lembaga pendidikan madrasah pada semua jalur dan jenjang pendidikan,  baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi dalam proses pembelajaran maupun manajemen pendidikan.
d. Meningkatkan fungsi pendidikan madrasah dan memperkuat peran lembaga-lembaga pendidikan madrasah dalam meningkatkan kerukan umat beragama dan memperkokoh jati diri dan watak bangsa.

Tujuan
Berlandaskan visi dan misi tersebut, pendidikan madrasah diharapkan mampu menghasilkan manusia dan masyarakat bangsa indonesia yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah amaliah, terampil dan profesional, sehingga akan senantiasa sesuai dengan tatanan kehidupan. Tujuan yang demikian ini mempersyaratkan kepedulian semua pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, serta organisasi dan institusi. pemantapan mekanisme sistem pendidikan madrasah, yang berimplikasikan pada tuntutan kualitatif pada semua komponen pendidikan madrasah.

Profil lulusan
Profil lulusan madrasah adalah sebagai berikut :
a. Insan yang berilmu, beramal, dan berakhlak mulia.
b. Tenaga terampil yang profesional, mandiri dan agamis.
(mib/002)

0 komentar:

Posting Komentar