Sahabat-MI, perjalanan madrasah kini tengah sampai pada zaman dimana
globalisasi sudah tak bisa dibendung lagi. Hal ini menjadikan kebutuhan dalam
penguasaan teknologi informasi menjadi begitu mendesak. Kadang kita melihat
anak-anak lebih terampil dalam mengoperasikan kecanggihan teknologi daripada
kita, bahkan jauh lebih terampil.
Kenyataan inilah yang menjadi salah satu alasan bagi seluruh warga
madrasah untuk terus berbenah. Setiap lembaga harus memiliki visi TIK yang
jelas diikuti dengan program kerja yang konkret agar para warga madrasah tetap
mampu berkontribusi aktif dalam pengembangan umat. Terlebih lagi bagi para anak
didik, para lulusan nanti diharapkan mampu berkompetisi di dunia yang terus
berkembang. Nah, dalam merumuskan visi, misi, dan tujuannya, lembaga pendidikan
perlu mengacu pada visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan Ditjen
Pendidikan Islam.
Visi dan misi yang dimaksud tidak lain adalah yang tercantum di buku
Rencana Induk Pengembangan (RIP) Pendidikan Madrasah 2010-2030 yang disusun
oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Departemen Agama
tahun 2009. Dengan mengacu pada standar perencanaan (termasuk di dalamnya visi
misi) yang telah ditetapkan Departemen/Kementerian Agama, diharapkan terjadi
kesamaan pandangan dalam mengupayakan perkembangan madrasah dari tahun ke
tahun. Adapaun visi, misi, dan tujuan madrasah sebagaimana tercantum di buku
tersebut, yakni :
Visi
“MADRASAH YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF”
Unggul sebagai indikator visi yang dimaksud adalah :
a. Madrasah mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, pandai, serta mampu
mengakomodasi perubahan zaman.
b. Madrasah dapat memberikan kualitas layanan pendidikan prima dan lebih
merata pada pelbagai jenjang, tingkatan satuan pendidikan serta wilayah.
c. Madrasah mampu melampaui ketentuan standar nasional pendidikan dengan
nilai pus yang dimilikinya.
d. Madrasah mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pelbagai tugas pokok dan pengembangan kelembagaan.
e. Madrasah mampu mewujudkan dirinya sebagai lembaga penndidikan yang
terjangkau, mudah diakses, relatif murah dan merupakan pusat layanan pendidikan
yang terbuka bagi semua lapisan masyarakat.
Sedangkan kompetitif sebagai indikator visi yang dimaksud adalah :
a. Madrasah sebagai lembaga pendidikan mampu menjadi pilihan utama
keluarga dalam masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan.
b. Madrasah sebagai lembaga pedidikan mampu menjadi “leading” sektor
dalam pendidikan ke-Islam-an.
c. Produk madrasah mampu masuk pada lembaga pendidikan lain yang
berkualitas selain lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Agama.
d. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang kompetitif tetap dikelola
berlandaskan nilai-nilai amanah dan kejuuran.
Misi
Visi di atas kemudian diterjemahkan menjadi misi pengembangan pendidikan
madrasah yakni:
a. Meningkatkan kualitas sistem pendidikan madrasah sebagai pranata
sistem pendidikan nasional melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan
pendidikan berciri Islam di pelbagai jenjang dan satuan pendidikan madrasah.
b. Mengupayakan terwujudnya madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis
ilmu dan nilai-nilai agama yang berkeunggulan, berkualitas, dan berdaya saing.
c. Memberdayakan lembaga pendidikan madrasah pada semua jalur dan
jenjang pendidikan, baik yang dikelola
oleh pemerintah maupun swasta, melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi dalam
proses pembelajaran maupun manajemen pendidikan.
d. Meningkatkan fungsi pendidikan madrasah dan memperkuat peran
lembaga-lembaga pendidikan madrasah dalam meningkatkan kerukan umat beragama
dan memperkokoh jati diri dan watak bangsa.
Tujuan
Berlandaskan visi dan misi tersebut, pendidikan madrasah diharapkan
mampu menghasilkan manusia dan masyarakat bangsa indonesia yang memiliki sikap
agamis, berkemampuan ilmiah amaliah, terampil dan profesional, sehingga akan
senantiasa sesuai dengan tatanan kehidupan. Tujuan yang demikian ini
mempersyaratkan kepedulian semua pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, serta
organisasi dan institusi. pemantapan mekanisme sistem pendidikan madrasah, yang
berimplikasikan pada tuntutan kualitatif pada semua komponen pendidikan
madrasah.
Profil lulusan
Profil lulusan madrasah adalah sebagai berikut :
a. Insan yang berilmu, beramal, dan berakhlak mulia.
b. Tenaga terampil yang profesional, mandiri dan agamis.
(mib/002)
0 komentar:
Posting Komentar